Minggu, 12 Februari 2017

MANAJEMEN AKTIVA DAN PASIVA BANK



MAKALAH
MANAJEMEN AKTIVA DAN PASIVA BANK
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah: Bank dan Lembaga Keuangan
Dosen Pengampu:Farida Rohmah, S.Pd, M. Sc.

 


Disusun oleh kelompok 7 :
1.      Ainun Nadhiroh                (1520210202)
2.      Khoirun Nisa‘il Ilma          (1520210217)
3.      Zakiyyul Fuad                   (1520210218)
Kelas   : ES F-III
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARI’AH DAN EKONOMI ISLAM
PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH
2016

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Suatu perusahaan dikatakan berjalan jika perusahaan tersebut mampu melakukan fungsinya sebagai lembaga pelayanan masyarakat. Dalam hal ini perusahaan akan melihat arus masuk kas perusahaan dan pengeluaran.
Seiring dengan berkembangnya suatu perusahaan maka jumlah asset juga akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Asset merupakan barang tidak habis pakai (non consumable) yang dimiliki perusahaan yang memiliki umur lebih dari 12 bulan. Asset membutuhkan manajemen yang baik agar lebih mudah untuk dipantau dan ditelusuri.Begitu juga dengan sumber pendanaan atau pasiva yang juga membutuhkan manajemen yang baik agar lebih mudah untuk dipantau dan untuk memaksimal kan dana yang telah dihimpun. Dalam hal itu, bank memerlukan sumber-sumber dana dan pengelolaan dana untuk mengalokasikan dana tersebut.
Dalam makalah ini, kami akan membahas tentang bagaimana perusahaan tersebut mengelola dan mengolah asset.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan manajemen aktiva dan pasiva bank?
2.      Bagaimana tujuan dan pentingnya manajemen aktiva pasiva bank?
3.      Bagaimana pengelolaan aktiva pasiva bank?





BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Manajemen aktiva dan pasiva bank
Manajemen aktiva bank ialah manajemen yang berhubungan dengan alokasi dana ke dalam kemungkinan investasi. Alokasi dana kedalam investasi perlu direncanakan, di organisasi, di arahkan, dan di awasi agar tujuannya dapat tercapai.Adapun jenis-jenis aktiva terdiri dari: 
a.       Cadangan likuiditas
Sesuai dengan namanya, aktiva ini terutama ditujukan untuk memenuhi kebutuhan likuiditas jangka pendek. Cadangan likuiditas ini terdiri atas dua kategori, yaitu:
1.      Cadangan primer
Cadangan primer bisa dalam bentuk uang kas, saldo pada bank sentral, saldo pada bank lain, dan warkat dalam proses penagihan. Aktiva ini ditujukan terutama untuk memenuhi ketentuan Reserve Requirement dan untuk kegiatan usaha sehari-hari.
2.      Cadangan sekunder
Aktiva ini dapat berupa Surat Berharga Pasar Uang, Sertifikat Bank Indonesia, Surat Utang Negara, dan Sertifikat Deposito. Penempatan dana dalam bentuk cadangan sekunder ni terutama ditujukan untuk memenuhi kebutuhan likuiditas jangka pendek yang sebelumnya telah dapat diperkirakan seperti penarikan simpanan dan pencairan kredit, dan memperoleh penerimaan
b.      Penyaluran kredit
Salah satu kegiatan utama lembaga keuangan termasuk bank adalah menyalurkan dana kepada masyarakat. Penerimaan yang utama dari bank di harapkan dari penyaluran kredit.
c.       Investasi
Investasi dapat berupa penanaman dana dalam surat-surat berharga jangka menengah dan panjang atau berupa penyertaan langsung pada badan usaha lain. Bentuk dari surat berharga tersebut antara lain adalah saham dan obligasi.
d.      Aktiva tetap dan inventaris
Aktiva tetap dan invetaris tergolong sebagai aktiva yang tidak produktif dalam menghasilkan penerimaan dana oleh Bank Indonesia dipandang sebagai aktiva yang resikonya cukup tinggi. Meskipun aktiva ini tidak produktif, tidak likuid, dan cukup beresiko, bank tetap perlu mengalokasikan dananya untuk aktiva ini karena bank memerlukan kantor, mobil, computer, dan lain-lain untuk kegiatan usahanya.[1]
Manajemen pasiva bank mempunyai dua pengertian, yang pertama dalam arti sempit manajemen pasiva diartikan sebagai manajemen pengelolaan dana pinjaman untuk memenuhi kebutuhan likuiditas yang tak terduga. Dalam arti luas manajemen pasiva di definisikan sebagai suatu proses mengendalikan dan mengkoordinasikan sumber-sumber dana.[2]Adapun jenis-jenis pasiva terdiri dari:
a.       Dana sendiri
Proporsi dana sendiri relatif kecil apabila dibandingkan dengan total dana yang dihimpun ataupun total aktivanya, dana sendiri ini tetap merupakan hal yang penting untuk kelangsungan usahanya. Seperti halnya badan usaha lain, penghimpun dana sendiri ini antara lain dapat berupa modal di setor, dana dari penjualan saham di bursa efek, akumulasi laba di tahan, dan Agio Saham.
b.      Dana dari deposan
Pada dasarnya, sumber dana dari masyarakat dapat berupa giro, tabungan, dan deposito berjangka yang berasal dari nasabah perseorangan atau badan.

c.       Dana pinjaman
Dana pinjaman yang diperoleh dalam rangka menghimpun dana antara lain sebagai berikut :
1.      Call money, merupakan sumber dana yang dapat diperoleh bank berupa pinjaman jangka pendek dari bank lain.
2.      Pinjaman antarbank, dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dana yang lebih terencana dalam rangka pengembangan usaha atau meningkatkan penerimaan bank.
3.      Kredit likuiditas bank Indonesia adalah kredit yang diberikan oleh bank Indonesia, terutama kepada bank yang sedang mengalami kesulitan likuiditas. Masalah kesulitan likuiditas ini bisa terjadi Karena kalah kliring atau adanya Rush penarikan dana oleh nasabah bank.
d.      Sumber dana lain
Sumber dana yang lain ini selalu berkembang sesuai dengan perkembangan usaha perbankan dan perekonomian secara umum. Sumber sumber tersebut antara lain :
1.      Setoran jaminan, merupakan sejumlah dana yang wajib diserahkan oleh nasabah yang menerima jasa-jasa tertentu dari bank.
2.      Dana transfer. Dana transfer yang tersimpan di bank tidak menimbulkan kewajiban bagi bank untuk memberikan imbalan jasa berupa bunga sehingga dana ini merupakan dana murah bagi bank.
3.      Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), merupakan surat-surat berharga jangka pendek yang dapat diperjualbelikan dengan cara di diskonto oleh bank Indonesia.
4.      Diskonto bank Indonesia, fasilitas diskonto adalah penyediaan dana jangka pendek oleh Bank Indonesia dengan cara pembelian promes yang di terbitkan oleh bank-bank atas dasar diskonto.[3]
B.     Tujuan Manajemen Aktiva dan Pasiva bank
1.      Mendapatkan profit/pendapatan yang maksimal bagi pemegangsaham
2.      Menyediakan aktiva lancar dan kas yang mencukupi
3.      Menyediakan cadangan apabila kas tidak mencukupi
4.      Memenuhi kebutuhan masyarakat untuk kredit
5.      Mengelola kegiatan bank secara berhatihati karena berkaitandengan pengelolaan dana masyarakat
Pentingnya manajemen dan aktiva pasiva bank adalah sebagai berikut:
1.      Bank merupakan financial intermediary institution, yaitu lembagayang mentranfer danadana dari unit surplus kepada unit deficitdengan metode pembiayaan tidak langsung (indirect financingmodel)
2.      Manajemen dana bank selalu dihadapkan pada conflict of interestantara likuiditas dan rentabilitas.
3.      Prinsip kehatihatian (prudent banking) sangat penting dalammanajemen dana bank, khususnya dalam menetapkan strukturpendanaan yang sehat, dalam arti bagaimana bank mendapatkanpinjaman dari para deposan dan kreditor yang lain setiapdiperlukan, serta memadukan penggunaan sumber dana pinjamantadi sedemikian rupa (fungding mix) sehingga terjamin keamananlikuiditas keuangan dan profitabilitas bank (inti dari manajemendana).
4.      Jumlah dana yang layak dioperasikan oleh bank (loanable fund),dalam bentuk kredit atau investasi surat berharga, sama denganjumlah cadangan bebas, yaitu jumlah seluruh dana yang dikuasaibank pada masa tertentu, dikurangi legal reserve requirement(cadangan minimum).
C.     Pengelolaan Aktiva dan Pasiva bank
Pengelolaan aktiva dan pasiva (kewajiban) suatu bank merupakan sesuatu yang tidak dapat berjalan-jalan sendiri. Pengelolaan aktiva suatu bank selalu memerhatikan karakteristik dari penghimpunan dana pada sisi pasiva, begitu juga sebaliknya. Adapun pengelolaan dana menggunakan beberapa cara:
Yang pertama yaitu menghimpun dana dengan menggunakan sumber-sumber dana bank (pasiva). Sumber-sumber dana bank adalah usaha bank dalam menghimpun dana untuk membiayai operasinya. Hal ini sesuai dengan fungsinya bahwa bank adalah lembaga keuangan di mana kegiatan sehari-harinya adalah dalam bidang jual beli uang. Tentu saja sebelum menjual uang (memberikan pinjaman) bank harus lebih dulu membeli uang (menghimpun dana) sehingga dari selisih bunga tersebutlah bank mencari keuntungan.[4] Adapun sumber-sumber dana bank tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Dana yang bersumber dari bank itu sendiri
Sumber dana dari modal sendiri maksudnya adalah modal setoran dari para pemegang sahamnya. Secara garis besar dapat disimpulkan pencarian dana sendiri terdiri dari:
a.       Setoran modal dari pemegang saham
b.      Cadangan-cadangan bank, maksudnya adalah cadangan dengan laba tahun lalu yang tidak dibagi kepada para pemegang sahamnya.
c.       Laba bank yang belum dibagi, merupakan laba yang memang belum dibagikan pada tahun yang bersangkutan sehingga dapat dimanfaatkan sebgai modal untuk sementara waktu.[5]
2.      Dana yang berasal dari masyarakat luas
Pencarian dana dari sumber ini relative paling mudah jika dibandingkan dengan sumber lainnya. Akan tetapi pencarian sumber dana dari sumber ini relative lebih mahal jika dibandingkan dari dana sendiri. adapun sumber dana dari masyarakat luas dapat dilakukan dalam bentuk:
a.       Simpanan giro
b.      Simpanan tabungan
c.       Simpanan deposito[6]
3.      Dana yang bersumber dari lembaga lainnya
Pencarian dari sumber dana ini relative lebih mahal dan sifatnya hanya sementara waktu saja. Kemudian dana yang diperoleh dari sumber ini digunakan untuk membiayai atau membayar transaksi-transaksi tertentu.
Ada beberapa faktor yangperlu diperhatikan dalam mengelola komposisi pasiva. Beberapa hal mendasar yang harus diperhatikan dalam pengelolaan pasiva antara lain sebagai berikut:
a.       Biaya dana (cost of fund) yaitu komposisi dana diatur sedemikian rupa agar biaya dana menjadi minimal.
b.      Kestabilan jumlah dana yaitu komposisi instrument dana diusahakan sedemikian rupa pada jenis-jenis instrument yang tingkat volatilitasnya rendah atau stabil jumlahnya.
c.       Loan commitment yaitu komposisi dari jumlah dana didata sedemikian rupa agar dapat berfungsi mendukung pelaksanaan komitmen terhadap beberapa kredit.[7]
Yang kedua yaitu pengalokasian dana (aktiva), Kegiatan penyaluran dana biasa disebut dengan alokasi dana. Pengalokasian dana dapat diwujudkan dalam bentuk pinjaman atau lebih dikenal dengan kredit. Arti lain dari alokasi dana adalah menjual kembali dana yang di peroleh dari penghimpunan dana dalam bentuk simpanan. [8]kegiatan alokasi dana yang terpenting adalah alokasi dana dalam bentuk pinjaman atau lebih dikenal dengan kredit. [9]
Megingat sangat kompleksnya pengelolaan aktiva pasiva suat bank dan tentu saja melibatkan berbagai macam bagian dari suatu bank yaitu:
a.       Penghimpunan dana, yang mempertimbangkan aspek biaya administrative, biaya bunga, strategi/cara/metode, diversifikasi, jangka waktu dan likuiditas, portofolio dan kaitannya dengan penggunaan dana.
b.      Penggunaan dana, yang mempertimbangkan aspek likuiditas dan jangka waktu, risiko, rate of return, biaya bunga, diversifikasi, portofolio dan kaitannya dengan penghimpunan dana.
Pengelolaan aktiva pasiva dapat menggunakan beberapa pendekatan:
a.       Pool of Funds
Dana yang telah berhasil dihimpun bank mempunyai karakteristik yang beragam menurut jangka waktunya, biayanya, sumber dana tersebut berasal dan lain-lain. Pendekatan Pool of Funds memberlakukan dana tersebut sebagai dana tunggal tanpa memperhitungkan sifat masing-masing komponen pembentuk dana. Dana tunggal itu kemudian dialokasikan untuk berbagai macam tujuan sesuai dengan strategi penggunaan dana.
b.      Asset Allocation atau Conversion of Founds
Konsep dari pendekatan ini merupakan kebalikan dari pendekatan pool of funds. Perlakuan terhadap dana yang mempunyai karakteristik berbeda-beda dengan dana tunggal dianggap oleh pendekatan ini sebagai asumsi yang tidak sesuai dengan kenyataan. Dalam kenyataannya masing-masing sumber dana memiliki sifat tersendiri, sehingga pengalokasiannya harus secara individual dengan mempertimbangkan karakteristik masing-masing sumber dana.[10]
            Sebagaimana kegiatan usaha lainnya, kegiatan usaha perbankan juga dapat menghadapi risiko kebangkrutan. Risiko kebangkrutan muncul karena usaha perkreditan tidak selalu menggembirakan. Tidak semua kredit yang diberikan oleh bank dapat ditagih kembali, dengan kata lain bank selalu dihadapkan kepada risiko munculny kredit macet. Terjadinya kredit macet dapat mengancam kelancaran arus dana bank. Apabila hal itu terjadi, bank mungkin tidak akan dapat memnuhi kewajiban untuk menyediakan dana. Hal itu disebabkan karena dana yang tertanam pada kredit macet tidak dapat ditarik lagi. Agar para penitip uang tetap dapat mengambil uangnya, kredit macet tersebut harus ditutupi dengan modal bank sehingga uang deposan dapat dikembalikan apabila diminta. Oleh karena itu, jumlah modal yang memadai (cukup) diperlukan agar kepentingan penitip uang selalu dapat terlindungi.[11]














BAB III
PENUTUP
SIMPULAN
Dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen aktiva bank ialah manajemen yang berhubungan dengan alokasi dana ke dalam kemungkinan investasi. Adapun jenis-jenis aktiva terdiri dari cadangan likuiditas, penyaluran kredit, investasi, aktiva tetap dan inventaris. Sedangkan manajemen pasiva bank mempunyai dua pengertian, yang pertama dalam arti sempit manajemen pasiva diartikan sebagai manajemen pengelolaan dana pinjaman untuk memenuhi kebutuhan likuiditas yang tak terduga. Dalam arti luas manajemen pasiva di definisikan sebagai suatu proses mengendalikan dan mengkoordinasikan sumber-sumber dana. Adapun jenis-jenis pasiva terdiri dari dana sendiri, dana dari deposan, dana pinjaman, dan sumber dana lain.
Pengelolaan aktiva dan pasiva (kewajiban) suatu bank merupakan sesuatu yang tidak dapat berjalan sendiri. Pengelolaan aktiva suatu bank selalu memerhatikan karakteristik dari penghimpunan dana pada sisi pasiva, begitu juga sebaliknya. Adapun pengelolaan dana menggunakan beberapa cara. Yang pertama yaitu dengan menghimpun dana dari sumber-sumber dana bank diantaranya yaitu dana yang bersumber dari bank itu sendiri, dana yang berasal dari masyarakat luas, dan dana yang bersumber dari lembaga lain. Yang kedua yaitu dengan cara pengalokasian dana. Pengalokasian dana dapat diwujudkan dalam bentuk pinjaman (kredit).





DAFTAR PUSTAKA
Kasmir. 2002. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Latumaerisa, Julius R. 1999. Mengenal Aspek-Aspek Operasi Bank Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
Totok, Budisantoso dan Sigit Triandaru. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan lainnya. Jakarta: Salemba Empat.
Wardiah,Mia Lasmi. 2013. Dasar-dasar Perbankan. Bandung: Pustaka Setia


[1]Totok Budisantoso dan Sigit Triandaru, Bank dan Lembaga Keuangan lainnya, Jakarta, Salemba Empat, 2006, hlm 104-105
[2] Julius R Latumaerisa, Mengenal Aspek-Aspek Operasi Bank Umum, Jakarta, Bumi Aksara, 1999, hlm: 104
[3]Mia Lasmi Wardiah, Dasar-dasar Perbankan, Bandung, Pustaka Setia, 2013, hlm 158-166
[4]Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta, PT RajaGrafindo Persada, 2002, hlm. 61
[5] Ibid, hlm. 62
[6] Ibid, hlm. 63
[7] Julius R. Latumaerissa, Mengenal Aspek-aspek Operasi Bank Umum, Jakarta, BUMI AKSARA, 1999, hlm. 125
[8] Ibid, hlm. 91
[9] Ibid, hlm 92
[10] Totok Budisantoso dan Sigit Triandaru, Bank dan Lembaga Keuangan lainnya, Opcit, hlm. 108-109
[11]Julius R, Latumaerisa, Mengenal Aspek-aspek Operasi Bank Umum, Op.cit, hlm. 88

11 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp700,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY. Saya kehilangan jumlah 13 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan
    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

    BalasHapus
  3. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp700,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY. Saya kehilangan jumlah 13 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan
    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

    BalasHapus
  4. Ini adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, kami adalah pemegang saham ISKANDAR LENDERS prioritas utama kami adalah memberikan bantuan keuangan kepada keluarga Anda tempat kerja Anda baik proyek pinjaman pribadi yang memerlukan dana besar atau Anda kekurangan dana dan Anda memerlukan dana untuk situasi buas kami. sedang mengalami. dapat memberi Anda layanan keuangan ini tanpa mengklaim jaminan keamanan KTA karena kami tidak berada di sini untuk memperparah situasi keuangan Anda namun memberikan bantuan keuangan kepada Anda sehingga satu-satunya jawaban bagi Anda untuk mengatasi trauma keuangan Anda adalah ISKANDAR LOAN FIRM LOAN itu ISKANDAR LENDERS jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu berada dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu sehingga staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
    Website: (iskandarlestari.wordpress.com)
    BBM: {D8980E0B} dll ...
    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena bertahun-tahun kerja sama membuat kami terus berjalan karena oleh karena itu penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa tekanan.

    BalasHapus
  5. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia BBM INVITE:{D8980E0B} facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
    Website: (iskandarlestari.wordpress.com)

    BalasHapus
  6. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITES: {D8980E0B}
                           : {4424AA}
    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

               TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
       Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

    BalasHapus
  7. "Alhamdulillah"

      Saya, Okta Mira adalah blogger terkenal yang memiliki gairah untuk blogging dan juga untuk terus berinvestasi dalam bisnis online karena jumlah uang yang sangat besar yang terlibat di dalamnya pada saat saya merasa sangat nyaman dengan pendapatan konstan yang saya dapatkan setiap minggu tapi pada waktu saya mengalami kekurangan karena beberapa transaksi tertentu jadi saya merasa bangkrut sehingga saya memutuskan untuk mencari pinjaman karena saya sangat yakin bahwa seiring berjalannya waktu saya akan kembali lagi ke standar keuangan saya sebelumnya, jadi saya melewati berbagai kreditur Iklan yang saya lihat di blog saya tapi yang terlintas dalam pikiran saya adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM walaupun saya takut sebenarnya karena berita yang saya dengar dari orang-orang tentang pemberi pinjaman online tapi saya harus mengambil keputusan sendiri tanpa mendengarkan orang lain jadi saya menghubungi ibu melalui email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) maka saya dibawa melalui proses yang sah dan saya harus mengumpulkan keberanian untuk menyelesaikan prosesnya dan akhirnya pencairan pinjaman saya disetujui dalam waktu kurang. Itu tiga hari kerja dan pinjaman saya dicairkan dengan sukses
      Saya tidak bisa menyembunyikan kegembiraan yang harus saya hubungi sebagian besar teman saya yang adalah debitur dan juga yang mengalami kesulitan keuangan untuk menjadi ibu yang kontroversial dan semua mereka lakukan sekarang, saya senang memberi tahu Anda semua bahwa mereka semua merayakan seperti saya jadi jika Anda Mau kontak langsung dengan Ibu Iskandar silahkan hubungi dia melalui alamat lengkap di bawah ini
    Email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    Website:(iskandarlestari.wordpress.com)
    Whatsapp:{+33753893351}
    Facebook::(www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
    BBM INVITES:{D8980E0B}{4424A)
        Ibu Iskandar selalu online 24 jam sehari dan tentu saja 7 hari seminggu jadi tolong jangan takut dia dan anggota staf sangat ramah, jujur, jujur ​​dan berkomitmen untuk mengurangi layanan mereka kepada pelanggan mereka jika Anda ingin menghubungi saya untuk pertanyaan apapun mengenai pinjaman silahkan hubungi saya melalui email: (oktamira2030@gmail.com)

    BalasHapus
  8. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    BalasHapus
  9. Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Kembali Rumah dengan suku bunga rendah untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
    Hanya WhatsApp :: {33753893351}
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  10. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini, renovasi rumah Anda dan kami juga memberikan pinjaman BITCOIN dengan suku bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  11. Halo nama saya Nadia Sella dari Indonesia Saya tinggal di Desa, saya ingin menggunakan media ini untuk bersyukur kepada Allah atas hidup saya dan menggunakan saya untuk bertemu dengan ibu saya yang setia Christabel Missan Loan Investment Company untuk mengubah hidup saya dari miskin menjadi kaya, saya punya masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi berkat perusahaan induk yang setia, Nona CHRISTABEL PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 juta dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk pinjaman saya transfer tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang bisnis saya baik Terima kasih kepada ibu yang setia Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman cepat, saya akan merekomendasikan Anda kepada Miss Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya untuk memperkenalkan pinjaman yang jujur ​​sellanadiafg@gmail.com

    Silakan cari tahu apakah Anda menginginkan pinjaman Anda dan hubungi saya

    Anda masih bisa menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya untuk mendapatkan email pinjaman jaminan: lianmeylady@gmail.com
    maryamlady12u@gmail.com
    cynthiadafaq@gmail.com
    novitakarinafg@gmail.com
    Pinjaman saya sebesar 300 juta berhasil ditransfer
    Perusahaan Pinjaman Christael Missan
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Instagram: ibu christabel missan
    Nomor Whatsapp +15614916019

    BalasHapus